Membuat Bahan Ajar Anatomi Otak Dengan Adobe Flash CS5

Berikut ini akan saya jelaskan langkah-langkah membuat bahan ajar Anatomi Otak dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS5. Semoga bermanfaat.

1. Buka File baru lalu pilih Flash File (ActionScript 2)

 2. Masuklah ke menu Modify -> document. Ganti setingan menjadi seperti gambar di bawah ini :

3. Tekan OK !

4. Importlah file yang dibutuhkan dengan cara masuk ke File -> Import -> Import to Library. Pilihlah anatomi_otak.jpg kemudian tekan OK.

5. Pilihlah anatomi_otak.jpg yang terletak di Library Panel lallu drag and drop ke Stage.

 6. Ubah nama Layer 1 menjadi background dengan cara double click pada tulisan Layer 1 .

 7. Simpan projek dengan memilih File -> Save As lalu beri nama Animasi_AnatomiOtakManusia.fla lalu tekan Save.

Pada animasi ini jika Nama bagian otak di klik, maka akan timbul aksi yaitu munculnya keterangan bagian otak tersebut. Itu artinya kita harus membuat tombol. Tombol tombol ditempatkan pada layer terpisah dari gambar anatomi otak. Berikut ini langkah selanjutnya :

1. Untuk menambah layer, klik Insert -> Time line -> Layer. Kemudian ganti namanya menjadi “Tombol”.

2. Pilih Retangle Tool pada Tool Box kemudian buka lah Properties panel dan ubahlah color fiil-nya menjadi kuning dengan transparansi (alpha) 0%.

3. Beri Rectangle Corner Radius dengan nilai 5 agar pojok-pojok segi empat tersebut lebih halus.

4. Buatlah kotak yang melingkupi tulisan Lobus Frontal, lalu buang stroke-nya dengan cara double click stroke , kemudian tekan tombol delete pada keyboard.

5. Untuk men-convert kotak tersebut menjadi tombol, pilih kotak tersebut kemudian tekan tombol F8 atau masuk ke Modify -> Convert to Symbol .

6. Beri nama “bt_Lobus_Frontal”, behaviour-nya Button dan Registration point di tengah tengah. Tekan OK. Maka secara otomatis bt_Lobus_Frontal akan masuk ke Library Panel.

7. Untuk mengubah perilaku tombol tersebut , doble click tombol. Perhatikan jumlah frame-nya terdiri dari 4, yaitu Up, Over, Down, Hit.

Up adalah frame yang menyatakan keadaan tombol dalam kondisi standby, Over menyatakan keadaan tombol dalam konsidi dilewati pointer mouse, Down keadaan tombol dalam kondisi di tekan, dan Hit adalah area tekan tombol.

8. Frame Over belum memiliki keyframe. Untuk menambahkannya, klik kanan pada frame over kemudian pilih insert key frame.

9. Sekarang ubah tombol tersebut sehingga nilai alpha nya menjadi 30% dengan cara pilih tombol kemudian buka Properties Panel.

Misal untuk frame down kita ingin kondisi tombol sama dengan ketika over sehingga kita tinggal klik kanan pada frame down kemudian kita pilih insert key frame.

Untuk area tekan, biasanya kita akan mengisi dengan tombol pada frame up. Karena ukuran tombol pada frame up dan down sama, maka kita tinggal melakukan hal yang sama yaitu klik kanan pada frame hit kemudian pilih insert key frame.

10. Kembali ke level scene 1 dengan menekan tanda Scene 1.

Tombol selesai di buat.

11. Untuk bagian deskripsi sebaiknya dibuat dalam layer tersendiri. Kta tambahkan sebuah layer di atas layer tombol dengan klik kanan layer tombol kemudian pilih Insert Layer. Berikut langkah selanjutnya :

12. Pada gambar anatomi otak, terdapat 7 bagian otak. Tambahkan 7 buah frame pada layer tombol dan deskripsi. Caranya pada layer tombol klik kanan pada frame 8. Kemudian pilih insert frame. Lakukan hal yang sama pada layer background.

13. Pada frame 2 pilih Text Tool pada tool box, kemudian buka jendela Properties Chanel dan ubahlah menjadi Dynamic text, multi line, font arial dan ukuran 14, warna tulisan putih.

14. Setelah itu di area sebelah kanan buatlah kotak tulisan kita. Samakan ukurannya dengan anatomi_otak.jpg.

15. Tambahkan deskripsi yang menjelaskan Lobus Frontal, sebagai berikut :

“Lobus frontal adalah bagian depan belahan otak besar. Daerah anterior pada lobus frontal berhubungan dengan kemampuan berpikir dan konsentrasi. Lobus frontal juga membantu mengendalikan pergerakan otot terlatih, mood, perencanaan masa depan, penentuan target dan prioritas”

 16. Deskripsi Selesai

 Kita harus menambahkan Action Layer, yang berfungsi memberikan perintah awal pada animasi. Kita akan menambahkan perintah berhenti pada setiap halaman, karena jika tidak deskripsi yang kita buat akan terlihat aneh. Langkah selanjutnya adalah sebagai berikut :

1. Tambahkan layer baru pada bagian paling atas dari timeline kemudian ganti namanya menjadi Action Layer.

2. Klik kanan frame 1 pada action layer, kemudian pilih action isikan sebuah script singkat yaitu stop() .

3. Lakukan hal yang sama untuk frame 2 dengan cara pada action layer klik kanan pada frame 2 lalu pilih Insert Key Frame.

4. Kemudian klik kanan sekali lagi pada frame 2 dan pilih Action, lalu isikan kode.

 5. Langkah selanjutnya adalah menambahkan Script pada Tombol, pastikan kita berada pada mode edit scene.

6. Untuk menambahkan script pada tombol bt_Lobus_Frontal, klik kanan tombol bt_Lobus_frontal kemudian pilih action lalu Isikan kode berikut :

On (release) {

Go toAndStop (2) ;

}

7. Lihat hasilnya dengan test Movie yaitu dengan menekan tombol Ctrl + Enter. Tekan tulisan Lobus Frontal pada gambar anatomi otak.

Kita sudah menyelesaikan satu bagian. Untuk bagian lainnya kita bisa menyelesaikan dengan lebih cepat dengan langkah-langkh sebagai berikut :

1. Pilih Layer tombol

2. Pada jendela Library, klik kanan pada bt_Lobus_Frontal, kemudian pilih Duplicate.

3. Ganti namanya menjadi bt_Lobus_Temporal. Tekan Ok

4. Pada jendela Library, Drag and Drop bt_lobus_temporal ke stage. Letakan pada posisi menutup tulisan Lobus Temporal pada gambar Anatomi_otak.

5. Untk menambahkan deskripsi , klik kanan frame 3 pada layer deskripsi kemudian pilih Insert Key Frame. Secara otomatis lobus frontal akan terduplikasi.

6. Ganti isi deskripsi tersebut dengan deskripsi tentang lobus temporal.

7. Klik kanan frame 3 pada Action Layer, kemudian klik Insert key frame lalu klik kanan lagi pilih Action. Isikan dengan script stop (); untuk tombol bt_lobus_Temporal klik kanan tombolnya lalu klik action lalu isikan script berikut :

On (release) {

Go toAndStop (2) ;

}

8. Lakukan langkah-langkah sederhana ini untuk bagian otak sisanya sampai selesai.

9. Selamat mencoba.

file yang sudah jadi bisa dilihat di http://www.fileden.com/files/2012/12/25/3379840/Animasi_AnatomiOtakManusia.swf

2 thoughts on “Membuat Bahan Ajar Anatomi Otak Dengan Adobe Flash CS5

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s