Cara mudah modifikasi GRUB di Ubuntu

Disini saya sekedar sharing untuk memepermudah meng-konfigurasi GRUB yang merupakan sebuah program yang dijalankan setelah BIOS. GRUB merupakan program yang dibutuhkan apabila diri ini menginstal lebih dari satu sistem Operasi atau bahasa keren-nya Dual BootingJadi semacam dalam 1 komputer/laptop bisa kita isi dengan 2 atau lebih SIstem Operasi dalam hal ini saya menggunakan 2 Sistem Operasi di My laptop yakni pertama Ubuntu 11.04 dan kedua adalah Jendela 7.

Setelah maksud dan tujuan adanya GRUB diatas, biasanya untuk mengkonfigurasi/ utak-atik barang yang namanya GRUB  tersebut kebanyakan bisa dilakukan dalam sebuah TERMINAL dengan beberapa perintah dasar. Akan Tetapi, Kali ini saya akan menggunakan sebuah program dengan tampilan yang “manusiawi” bagi kaum awam macam penulis ini yakni dibutuhkan sebuah program tambahan yang diberi nama Grub-customizer sebelumnya harus diinstal terlebih dahulu dengan menggunakan perintah :

sudo add-apt-repository ppa:danielrichter2007/grub-customizer

sudo apt-get update

sudo apt-get install grub-customizer

Pastikan sudah terinstall dengan baik setelah itu silahkan masuk ke Applications->System Tools->Grub-Customizer.

JIka biasanya kita melakukan proses konfigurasi GRUB melalu TERMINAL di Linux dengan masuk ke /boot/grub/menu.lst. Dalam hal ini hampir sama dengan kita merubah beberapa tulisan yang ada dalam gambar diatas, kita bisa melakukan beberapa editing text yang tertera di gambar tersebut. Atau kita juga bisa ingin memodifikasi halnya kita ingin agar login pertama kali adalah Sistem Operasi selain Linux,mengubah warna text,memberi background image, jeda waktu untuk login dan lain-lain semua itu bisa kita atur pada Applications->System Tools->Grub-Customizer->Preferences seperti pada gambar dibawah ini.

Setelah semua konfigurasi telah dilakukan jangan lupa untuk menyimpan konfigurasi tersebut dengan menekan tombol Save di pojok kiri atas. Dan tahap berikutnya dalah mari kita coba lihat hasil dari “Cara mudah Modifikasi GRUB di Ubuntu” ini dengan me-Reboot Komputer/Laptop kita.

Akhirnya, Semoga sukses dan selamat mencoba.

sumber : http://d4roel.wordpress.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s